Label

Kamis, November 08, 2012

Diary Hajj 2012 _ Persiapan 3

Ncl, 08 November 2012

Assalamualaykum Warohmatullohi Wabarokatuh

Selamat Pagi sahabat semua,semoga semuanya di pagi hari ini sehat dan ceria serta selalu diberikan Allah kemudahan dalam menjalani aktifitas sehari-hari ya.

Melanjutkan diary hajj hari ini seputar tahapan persiapan keberangkatan.
Ada beberapa hal yang perlu saya ingatkan kembali kepada semua sahabat yang ingin menunaikan ibadah hajj. List barang yang kami buat kemarin itu adalah list barang yang kami bawa untuk 2 minggu dengan keberangkatan dari UK dengan akomodasi hotel 5 menit dari Baitulloh dan mendapatkan makanan breakfast,lunch dan dinner.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh sahabat semua :

1.Dokumen
   Berangkat dari luar UK kelengkapan dokumen mungkin berbeda ( masing-masing negara punya aturan sendiri tentang ini).
  Cek dan pastikan semua dokumen yang dibutuhkan sudah lengkap dan tidak ketinggalan.
  Simpan di tas pinggang atau di tempat yang mudah untuk memasukkan dan mengeluarkannya, karena sering di minta untuk diperiksa ( jangan menyimpan dokumen di tas ransel).
 * Periksa dokumen, foto dan nama sudah benar dan cocok dengan data kita.
 * Bukti Meningitis di periksa secara random. jadi siapkan saja di tempat yang mudah di ambil

2. Jarak Hotel/Flat/Apartemen
    Jika tempat tinggal kita nanti jauh dari Baitulloh, maka mungkin perlu dipertimbangkan topi lebar, kaca mata hitam,masker, cream anti lecet, sunblock, sarung tangan, botol air minum kosong yang akan di isi zam-zam,biscuit or snack dalam tas yang akan di bawa ke baitulloh. Karena jarak tempuh yang lama dan panas jika berjalan kaki, ataupun menunggu bus yang lama.
Tapi perlu di ingat, bahwa membawa tas yang besar dan berisi banyak makanan juga beresiko karena petugas akan memeriksa tas kita di setiap pintu masuk.

3. Musim apa di Mekah or Madinah saat itu.
   Sangat gampang bagi kita saat ini untuk mencari tahu berapa suhu di mekah dan madinah di jaman internet ini. Silahkan cari dan catet informasi ini sebelum keberangkatan sehingga kita bisa tahu dan mempersiapkan diri lebih baik dalam menghadapinya.

4. Lama Waktu Tinggal
Bagi sahabat yang berangkat dari tanah air, waktu tinggal di mekah /madinah memang lama, berkisar 28 - 40 hari. Dan saya dengar ada beberapa daerah tidak mendapatkan makanan di tempat tertentu. Silahkan putuskan apa akan memasak atau katering selama ini.
Sekitar penginapan Indonesia, banyak tersedia restoran dan makanan Indonesia, asal mau makan dan tidak terlalu pilih-pilih dan tentu saja perlu real yang lumayan jika setiap hari jajan, maka masalah makanan ini tidaklah menjadi masalah besar. Bagi yang ingin memasak sendiri, beli perlengkapan masak spt kompor dan panci/rice cooker bisa di lokasi.
Bagi yang mau bawa beras, lauk mentah maupun sudah jadi dari tanah air dan rice cooker kecil dari tanah air  lebih baik jika memang masih ada jatah bagasi dan tidak memberatkan diri sendiri.

Untuk sahabat yang berangkat dari Eropa dan lama waktu kisaran 14 hari - 28 hari, sepertinya makanan ini tidak jadi masalah besar. Penjual makanan jadi sangat banyak dan selalu ada setiap saat. Dan lidah kitapun sudah terbiasa dengan masakan ini, seperti nasi biryani with chicken or lamb, chips, burger dll. InsyaAllah makanan halal yang ada di Eropa, itu pulalah yang ada di sana. Jadi tidak akan ada masalah besar termasuk harganya jika dibandingkan dengan harga di Eropa, di Mekah dan Madinah jadi lebih terasa murah ( perbedaan kurs menguntungkan di sini).

Satu hal yang saya rasakan, semua kejadian selama di Mekah dan Madinah memang tidak bisa di ukur dengan akal manusia dan kejadian kita sehari-hari di mana tinggal. Berdiam diri di Baitulloh dari Ashar sampai Isya, perut kita tidaklah merasakan lapar. Minum air zam-zam selama waktu tersebutpun tidak pula menyebabkan kita merasa ingin sering buang air kecil (BAK).

Jadi tidak usahlah terlalu meributkan dan memusingkan urusan makanan selama di sana, InsyaAllah kita tidak akan kelaparan selama di sana, banyak orang yang berderma dan berbagi makanan.Menyediakan biscuit dan makan tepat waktu tentu saja baik dan di anjurkan, tapi terlalu meributkan dan menghawatirkan akan makanan sebaiknya dihindari dari sebelum berangkat. Karena apa yang kita takutkan dan khawatirkan ketika berangkat, hal tersebut akan kita temui nanti di sana.

Sepertinya itu dulu tambahan informasi seputar list barang yang diperlukan selama 2 minggu di sana.

INTERMEZZO :

Alhamdulillah beberapa do'a kami baik selama di baitulloh, Kota Mekah maupun selama wuquf di Arafah sudah dikabulkan Allah saat ini.
Pertama,
Do'a yang saya mintakan saat wuquf di arafah dan itu bersifat emergency ( harus saat itu juga dikabulkan). Alhamdulillah Allah perkenankan saat itu juga.

Kedua,
Do'a Saya dan suami yang meminta kepada Allah agar anak perempuan kami Nada yang mengikuti lomba penulisan essay internasional diberikan kemenangan oleh Allah sehingga Nada menjadi semakin percaya diri, tahu akan bakatnya dan terus mengasahnya dan agar Allah perkenankan Nada ketika besar kelak bisa menggambarkan indah dan menyeluruhnya Islam mengatur seluruh sisi kehidupan manusia melalui goresan penanya.

Alhamdulillah kemarin kami mendapatkan kabar bahwa Nada termasuk salah satu dari 25 orang yang mendapatkan 'honorable mention' kategori anak-anak dari 4.033 peserta anak-anak seluruh dunia.
lihat di 'sini' dan 'ini'

Semoga Allah kabulkan do'a - do'a kami yang lain serta do'a semua teman-teman yang sudah mempercayakan pada kami untuk membacakannya di sana dalam waktu dekat ini.
Bagi sahabat yang menitip do'a supaya dipermudah Allah berkunjung ke Baitulloh. Kuatkan kembali tekad, Yakinkan diri lebih dari sebelumnya, buang semua keraguan dan rasa sangsi, perbanyak berdo'a dan tingkatkan kerinduan untuk kesana serta perbanyaklah menolong agama Allah. InsyaAllah kita akan berkunjung kembali ke sana ( kami juga sudah rindu ingin berkunjung kembali ke sana).

InsyaAllah dalam beberapa hari ke depan, ujian-ujian hajj itu sudah di mulai sejak keberangkatan tepatnya di bandara keberangkatan.
Jadi...
Terus ikuti diary hajj ini ya sahabat ^_^
Semoga Bermanfaat

Salam
Uniek94

Tidak ada komentar:

Posting Komentar