Label

Selasa, Mei 11, 2010

flu....nih..!

Croydon Road, 11 may 2010
Assalamualaikum wr wb

Hi, teman-teman..

Ini sudah hari ke 2 Nada dan Syauqi tidak masuk sekolah. Mereka sedang terkena flu dan batuk tanpa demam.
Aku minta tolong kepada teman untuk memintA izinkan mereka karena aku tidak bisa meninggalkan mereka berdua dirumah.

Di Newcastle ini, untuk minta izin anak tidak sekolah bukan hal yang sulit, dan tanpa perlu surat keterangan dokter pula ^.^. Begitu juga dengan orang dewasa..Jika mereka terkena flu/batuk maka bisa tidak masuk kerja dan gaji tetap dibayarkan. tapi jangan salah sangka juga..di sini kalau batuk/flu itu pun tidak berobat ke GP atau minum obat, tapi cukup beristirahat saja di rumah.

Hal yang sangat kontras dengan kampung halamanku.
Di mana anak-anak di paksa masuk sekolah,kalau sakit harus ada surat keterangan orang tua or surat keterangan dokter tuk dewasa dan sebagai konsekuensinya nanti di raport mereka akan ada keterangan berapa alpa,berapa izin dll.
satu hal lagi perbedaan mencoloknya adalah..flu atau batuk adalah penyakit yang biasa di Ina dan tidk bisa jadi alasan untuk tidak hadir ke sekolah or kerja.

Pertama kali hal ini cukup mengejutkan dan membingungkan Ku juga, pernah suatu kali Nada tetap kuantar ke sekolah dengan kondisi batuk (menurutku sih itu biasa aja) dan sepulang sekolah dia laporan kalau gurunya bilang 'dilarang batuk dalam kelas' ,jadi kalau batuk tigggal di rumah aja sampai sembuh.
Lantas...bagaimana dengan pelajaran sekolahnya? Di sini anak-anak sangat dihindari yang namanya 'stres'. jadi tidak ada yang namanya ulangan or 'exam'.
Pernah suatu kali kami para ortu dikumpulkan dan diberitahu guru kalau setelah liburan'easter' anak-anak akan di tes, tpi jangan kuatir 'kita' tidak akan membuat cemas anak-anak dan para Ortu.(begitu kt gurunya). dan itu tidak ada hubungannya dengan kenaikan kelas.

Anak-anak bersekolah sesuai dengan umur mereka,dan mereka kan selalu begitu,tidak ada istilah naik or tinggal kelas. Evaluasinya hanya untuk melihat dan mengelompokkan atau untuk memudahkan guru saja, tapi mereka tetap punya standar kalau mau naik kekelas 3 itu min nilainya '2b' (jangan tanya yah,soalnya aku juga g ngerti). kalau standar itu tidak terpenuhi mereka tetap pindah ke kelas 3 tapi nanti perhatian guru kan berbeda.

O iya, bercerita mengenai flu dan batuk ini jadi ingat suatu kejadian dulu waktu masih dinas di RS Padang.
Alkisah ada seorang mahasiswa kedokteran Unand datang (asal malaysia). Dia datang dengn keluhan flu & batuk dan minta obat serta surat istirahat.Karena keluhannya tidak terlalu berat maka hanya ku kasih obat tanpa surat istirahat. Waktu itu yan terpikir sih, cuman flu aja kok mau minta surat istirahat... Ternyata di negara maju memang seperti itu dan apakah di Malay juga seperti itu ?
jadi merasa bersalah nih karena sempat suudzhon heheehhehee...
secara di negera kita kalau cuman flu dianggap sakit ringan dan masih bebas beraktifitas...^ _ ^

Memang, seperti kata pepatah..'lain padang lain ilalang'...'dimana bumi di pijak, di situ langit di junjung'..
bahasa kerennya mah......pandai-pandailah beradaptasi xixixxixiii..

udah dulu yah,
kembali ke tugas pokok sebagai ibu RT..
dapur sudah menunggu Ku..

Wassalam
3...6.....5.......^ _ ^


uniek18

Tidak ada komentar:

Posting Komentar