Label

Sabtu, Agustus 06, 2011

Welcome New Blogger

Newcatle, 6 juli  2011

Alhamdulillah, telah lahir satu lagi blogger di flat kontrakan kami dua hari yang lalu.
Si bungsu Syauqi akhirnya tidak tahan godaan melihat uni nada selalu di puji ummi dan abinya setiap menghasilkan satu tulisan di blog nya. Oh iya, si kakak uni Nada mempunyai 5 blog loh..ckkkckckk..Luar biasa.

Aku hanya geleng geleng kepala melihat begitu asyiknya uni nada mengumpulkan blog-blognya. Setiap blog punya tema sendiri dan bahkan ada blognya yg khusus untuk copas puisi/syair orang saja he he he.
Dan uni nada selalu dengan bangga bilang, bahwa dia sudah berhasil mengalahkan ummi dan abinya karena mempunyai blog yang sangat banyak ^_^.



Nah, akhir akhir ini,seiring dengan malasnya si ummi menulis dan mengupdate blognya, si uni nada ikut-ikutan dan tidak mau pula membuat tulisan or bercerita di blognya kembali.
Untuk mengatasi hal ini, maka di buatlah program ramadhan satu hari satu tulisan, isinya boleh tentang apa saja dan itu berlaku untuk semua blogger di rumah kecuali syauqi yang memang belum punya blog.
(sst...faktanya si ummi dan si abi tidak setiap hari bikin tulisan).

Setiap pagi menjelang siang si uni nada selalu bertanya ,'Boleh hidupkan komputer Mi?', tentu saja kujawab boleh asalkan untuk membuat satu tulisan/ nulis di blog nya dan kemudian baru boleh menggunakan untuk yang lain, seperti nonton film or dengerin youtube.

Begitulah rutinitas setiap hari di bulan ramadhan ini (mereka libur panjang selama 1 bulan penuh).
Setiap selesai membuat tulisan di blog, selalu uni nada mendapatkan pujian di hadapan adiknya bahkan peluk cium tak lupa. Melihat hal ini sang adik (syauqi) tak terpengaruh , dia terus saja sibuk dengan segala mainan yang sejujurnya tak bisa disebut mainan karena  merupakan kumpulan barang-barang yang di rakit dan dibuatnya sedemikian rupa dan disebutnya dengan 'invention'. Dan dia dengan bangga memamerkannya pada ummi dan abinya.Dan menangis keras kalau sang 'invention' dibongkar oleh ummi/abi or uni nada.
(ini dia invention versi syauqi: ujung raket di masukkan dlam botol aqua sehingga dia bisa melekat dan tidak lepas, dengan selempang di gantung di leher. nah kalau ujung raket bulutangkis di lepas dari dalam botol aqua maka dia bisa jadi mic..jadi kesannya sedang menyanyi..bisa juga sebagai gitar dengan selempang sebagai talinya)

Setelah bosan dengan invention biasanya Syauqi akan minta izin untuk main game atau nonton di komputer,tapi aku selalu bertanya, mana tulisannya? setelah nulis baru boleh main komputer!.
Syauqi sih cuek saja dan berlalu kembali ke ruang tamu atau mencari aktivitas lain sambil bilang,'i dont have a blog, i dont like writing'.

Putus asakah umminya? terus terang iya... tapi apakah menyerah? oh Tidak lah yau...
Pujian dan rangsangan untuk menulis terus kami berikan kepada uni nada maupun adik syauqi. Sampai 2 hari yang lalu, uni nada mengupdate salah satu blog nya dengan gambar kartun dan lagu-lagu/playlist di youtube.
Syauqi tertarik dan mau ikutan buat, tapi uni nada dengan tegas bilang tidak boleh karena itu adalah blognya.

Syauqi mendatangiku sambilmenangis,

Syauqi,' Ummi, Uni Nada did not let me to see her blog'.

Ummi,' Yah,,kalau uni nada ga izinkan , dekki ga boleh maksa dong, kan itu blog uni nada.'

Syauqi,' but, i want it'.

Ummi, ' yaah...dekki bikin blog sendiri dong, jadi dekki bisa hias dan tulis sendiri'.

Syauqi,' but i can't do it'

Ummi, ' kalau dekki mau, nanti biar di bantu sama uni nada untuk membuatnya'

Akhirnya, aku panggil dan minta tolong uni nada untuk membantu adiknya membuatkan blog (terus terang untuk hal ini sih uni nada lebih mahir dari padaku :-).

Akhirnya sepintas kujelaskan ke uni nada, bahwa syauqi musti punya email dulu untuk membuat blog.
Nah uni Nada membantu membuatkan email atas nama syauqi, wuihh..senengnya syauqi dia punya email sendiri dan paswordnya ga ada yang boleh tau. Berhubung untuk membuat email itu juga ada banyak kolom dan dia tidak membolehkan uni nada dan  umminya membantu,akhirnya paswordnya ga available dan lagi-lagi syauqi nangis karena ternyata emailnya ga bisa juga, si uni nada juga ngambek karena ga boleh melihat paswordnya. hmm. dasar anak anak, si adek PD bisa bikin email sendiri karena bangga punya pasword, si kakak keras hati karena ga boleh lihat pasword adiknya.

Akhirnya jalan tengah, si abi datang membujuk adik syauqi dan membantuk adik syauqi cara membuat pasword dan tidak ada yang tahu kecuali adik syauqi dan si abi.
Pendek kata , email sudah ada, dan kembali uni nada menolong adiknya membuatkan blog dibantu abinya mencari foto tuk header blognya.

Naah..sampai disini semua berjalan aman, sang adik (syauqi) asyik menulis nama blog nya dan mendesign sesuai keinginannya , kemudian dengan bangganya memanggilku untuk mendekat ke komputer dan memperlihatkan blog barunya. Wow..kereeeenn....(jujur loh).
tapi itu blog masih kosong, lalu kutanya isinya mana? dan dijawabnya dengan,'how to do it?'.he he he
akhirnya kembali uni nada beraksi membantu, dan tentu harus sign dulu ..naahhh...disinilah cerdik uni nada, akhirnya dia tahu juga apa pasword blog adiknya ha haha..tinggallah si ummi yg tidak tahu pasword blog anak bungsuku itu.

Alhamdulillah,,,bangga dan senang rasanya akhirnya target bahwa kami semua punya blog sudah tercapai, mengenai diisi or di update or produktif apalagi isinya bagus atau tidak itu masalah kesekian. yang penting semua punya dulu dan nanti di update secara bertahap.

Tapi..tunggu dulu...
Kesenangan itu hanya berlangsung sebentar karena tiba - tiba kudengar uni nada menangis kembali.
mau tau penyebabnya?
Ternyata si syauqi mengisi blognya dengan tulisan/karya uni nada, ga tanggung-tanggung semua tulisan kakaknya di salah satu blognya di copas nya semua ha ha ha haaa....
wajarlah si uni nada nangis dan marah, karena tulisannya di ambil adiknya. Mau tau apa jawab syauqi ketika kutanya kok dia copas tulisan uni nada.

Syauqi,' no, i didn't do it, i make design by my self'.

Nada ,' No....it's mine!'.

Begitu kulihat isi blog syauqi dengan cermat ternyata  benar itu adalah tulisan uni nada, persis sama dan tidak ada tambahan or pengurangan.

 Ummi," syauqi kok ambil tulisan uni nada'

Syauqi,' No.it is uni  nada writing but i make it different, i make my own design'.

Ummi bertanya, coba tunjukkan mana yang design syauqi, dan dia pun menunjukkannya.
Ternyata benar, diatas postingan itu ada keterangan bahwa itu dikarang oleh Nada dan di design by syauqi.
Jadi bentuk tulisan dan formatnya di ubah oleh syauqi dan itulah yang di claim nya sebagai design nya.

Nada masih bersikeras tidak boleh tulisannya di ambil, akhirnya kuberikan contoh salah satu blognya yang mengambil puisi dan sajak serta gambar dari google. Nada terdiam.
Aku jelaskan bahwa kita boleh saja mengambil tulisan atau gambar punya orang tapi harus kita tuliskan pengarang atau yang punya tulisan/gambar aslinya. Sertakan link dan sumber dari mana kita ambil.
Jadi apa yang dilakukan syauqi tidak salah.

Nada,' but syauqi copying all of my notes'

Ummi,' Syauqi kan lagi belajar uni nada, biarlah dulu yah, dan syauqi besok besok coba tulis sendiri yah nak, boleh tentang apa saja yang dikerjakan kemarin, tentang puasa, atau cerita tentang membuat blog ini atau tulisan kultum dekki kemarin.Pokoknya apa aja dekki tuliskan di sini yah..Dekki pasti Bisa!'.

Akhirnya babak pertama perjuangan sudah usai. Semua sudah punya blog, Syauqi begitu bangganya dengan blognya, hari ini saja sudah beberapa kali dia merubah design dan settingan blognya. tulisannya sih tetap belum ada tapi dia sedang semangat mendandani dan merubah rubah blognya. Sampai sang abi kewalahan melayani untuk menemani atau sekedar menunjuki caranya :-).
  ( Syauqi sedang serius mempermak blog barunya )

Bagi yang mau melihat blog syauqi ini dia link nya:

http://syauqiabdurrasyid.blogspot.com/

Demikian dulu cerita hari ini.
Ayukk semangat mengajak anak-anak kita untuk suka membaca dan mencintai buku, jika sudah InsyaAllah mereka tidak akan susah untuk diajak menulis, hanya soal waktu saja mereka akan memulainya. Tapi ingat kita harus memberi contoh dulu dengan rajin menulis,...
Menulis apa saja, menulis bahan pelajaran, menulis daftar belanja, bahkan menulis utang yang harus di lunasi , tapi tidak berlaku untuk menulis status di fb (soalnya syauqi paling sering bilang, you are not working, you just see fb..that's not working he he he ) yang penting anak anak sering melihat kita menulis.
Sstt..Padahal fb kan juga tempat latihan menulis yah bahkan beberapa urusan bisa kita selesaikan di grup - grup fb, betul tidak? (ngeles.com)

Okay deeehh..
Selamat beraktivitas untuk teman-teman di Indonesia dan selamat bersahur ria untuk teman teman di Uk.
Sukses Selalu dalam menjalani Ramadhannya yah.

Salam 3 6 5

Uniek94

***Jangan lupa intip about me di blog nya syauqi yah...lucu,polos dan jujur,,khas anak anak^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar