Label

Rabu, Agustus 17, 2011

Dirgahayu Indonesiaku tercinta

saking cinta ma Indonesia,motor aja merah putih ^_*

Alhamdulillah ...

Mendapatkan kesempatan untuk posting hari ini di suatu milis yang diikuti, dan ternyata bertepatan dengan 17 Ramadhan, juga bersamaan dengan hari kebebasan bangsaku, Indonesia.....  

  M E R D E K A !

Tergerak untuk ikut memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia tercinta, maka ujung-ujungnya setelah mendengarkan lagu Indonesia Raya dari seorang adik yang membawakan dgn syahdu diiringi dentingan pianonya, maka Aku malah lari ke mbah google dan mencari apa sih makna dari MERDEKA itu sendiri?




Nah, menurut si Wikipedia, Merdeka itu adalah :

Merdeka is a word in the Indonesian and Malay language meaning Independent orfreedom. It is derived from the Sanskrit Maharddhika meaning "rich, prosperous and powerful".

Hmm,,,ternyata emang banyak persamaan yah antara 2 negara ini, cuman yang satu bebas penjajah Belanda dan satu lagi bebas dari United Kingdom.

Kembali ke topik tentang 'Merdeka' ini, merujuk ke pada wikipedia di atas dikatakan bahwa kata merdeka ini berasal dari kaya, makmur , dan kuat.

Urutannya jelas,
1. Kaya

2. Makmur

3. Kuat.

Nah saya menafsirkan, bahwa 'Merdeka' itu membuat kita menjadi kaya, dengan ke kaya an kita akan menjadi makmur dan setelah itu kita akan menjadi kuat.

Untuk kata-kata 'kaya' dan 'kuat' saya sudah sedikit mengerti, tapi dengan kata 'makmur' saya masih ambigu.

Kembali dari wikipedia saya dapatkan kata makmur selalu diiringi dengan sejahtera dengan beberapa arti, antara lain:

Menunjukkan keadaan yang baik, di mana kondisi manusianya dalam keadaan makmur,sehat dan damai serta jangkauan pelayanan yang memenuhi kebutuhan masyarakat.

Masalahnya , setelah saya mencari lebih tahu tentang arti 'Merdeka' ini, ada beberapa lintasan kasus di pikiran ini.

1. Si fulan yang mempunyai kecukupan materi (kaya) tapi mengeluh materi yang ada tidak benar-benar memberikan kepuasan dan mempunyai harapan dan keinginan untuk bisa mengabdikan sebagian waktu benar-benar untuk umat.

2. Fulanah yang juga dikaruniai harta yang berlimpah, mempunyai pekerjaan yang bergengsi dan prestise yang tinggi, tapi tidak mempunyai cukup kebebasan dan waktu untuk bersama keluarga bahkan tidak bebas pula untuk beribadah dan dengan penuh ketulusan menasehati saudaranya untuk mempertimbangkan kembali keputusan untuk mengikuti jejaknya dengan mengatakan bahwa ,' kalau saya sudah kepalang basah masuk ke dalam situasi ini'.

3. Fulanah yang sering berkeluh kesah bahwa sering keputusan dan tindakan yang dilakukannya bertentangan dengan hati nuraninya tapi terpaksa dilakukan juga karena ini keputusan 'bos' dan harus dilaksanakan. kecuali bersedia menanggung resiko.

4. Atau kita yang bekerja di suatu sistem dan tidak bisa berkutik dengan sistem yang ada, walaupun hal tersebut jelas jelas tidak sesuai dengan hati nurani kita.

5. Seorang yang sebagian besar waktunya untuk umat, tapi di lain waktu juga diganggu dengan situasi keuangan yang sulit.

Masih banyak lagi kasus kasus di sekitar kita termasuk diri kita sendiri yang bisa dipertanyakan tentang makna 'merdeka' ini.
Sedangkan hakikat merdeka sendiri dalam islam adalah Terbebas dari belenggu cinta dunia dan nafsu (Qs : an-naziat ). Bukan seseorang yang dipermainkan nafsunya dan bergelimang gemerlap dunia.

Jadi Dunia di letakkan di tangan bukan di hati nya.

Seorang yang mandiri dan berkuasa atas dirinya sendiri dalam segala hal, tentunya selama semuanya masih berada di jalan yang diridhoi Allah Swt.

Jadi :
Apakah NEGARA kita sudah MERDEKA?
tak kalah penting adalah pertanyaan, Apakah KITA sudah MERDEKA?

Apapun jawabannya, jangan sedih dan putus asa.

Ramadhan adalah momentum yang tepat untuk memerdekan diri kita

Membebaskan masing-masing kita dari belenggu cinta dunia dan nafsu

InsyaAllah, Jika masing-masing diri kita sudah Merdeka

Maka negara kita akan Merdeka


Dan Pidato Bung Karno pada tanggal 1 September 45 masih relevan lah dengan kondisi kita saat ini:

"Since today we will cry out loud, "Merdeka!" Continue on that loud battle cry, as the soul calls out loud for freedom! A soul of freedom, one of fighting and working spirit! TO FIGHT AND TO WORK! Prove it!"

M E R D E K A........

S E K A L I   M E R D E K A    T E T A P    M E R D E K A


salam Kemerdekaan ^_^


Uniek94








2 komentar:

  1. To fight and to work!
    btw, motor merah putihnya masih ada gak? Gak diboyong ke Inggris kan? :)

    http://unand.wordpress.com/2011/08/17/17an/

    BalasHapus
  2. hahahahaa...lai indak di bawok si merah putih ka inggrih doh pak ^.^
    semoga kami masih bisa menemuinya ketika kembali k kampoeng halaman.

    Yes....TO FIGHT AND TO WORK !!!

    BalasHapus