Label

Kamis, Agustus 05, 2010

MASYAALLAH...


Newcastle, 5 August 2010

Peristiwa ini bermula, ketika Aku mengikuti salah satu acara diskusi online di UK, dan secara sadar Aku koment ucapan narasumber dengan kata-kata 'MasyaAllah'..

Tak ada yang salah, sampai satu menit kemudian di layar komputer ku masuk sebuah pesan yang mengatakan, bahwa penggunaan kata 'MasyaAllah' itu tidak tepat.
Di layar tertulis, bahwa 'MasyaAllah' itu for 'good thing' not 'bad thing'..
Aku hanya melongo dan merasa maluuuu bangeet...

Sebenernya hal ini sudah kuketahui tapi berhubung suasana di negeri kita yang menggunakan kata 'MasyaAllah' untuk ' Hal jelek, kaget, atau hal yang tidak terduga' maka hal ini terus saja berulang dan tidak ada yang mengingatkan, karena semua menganggap 'no problem'.


Nah...tidak lama setelah kejadian itu , Aku mempunyai kesempatan untuk berdiskusi dengan teman-teman yang berasal dari libya, irak dan arab. Aku tanyakan deh apa makna sebenarnya 'MasyaAllah' , kapan kita menggunakan kata tersebut dan apa bedanya dengan 'Subhanalloh'.

Ternyata...jawabannya sama dengan yang tertera di layar komputer Ku waktu itu.
MasyaAllah dan Subhanalloh hampir sama artinya dan digunakan untuk Good thing. Yaitu Kita pakai, jika Kita melihat kebesaran dan keagungan AllaH.

Misal ; jika kita melihat alam yang indah, maka Kita  ucapkan 'Subhanalloh'
tapi kalau kita melihat bayi yang baru lahir, maka Kita ucapkan 'MasyaAllah, cantik sekali bayinya'.
atau..

'MasyaAllah, bajunya bagus sekali atau Kita kagum dan salut pada seseorang karena kepintarannya , maka Kita ucapkan 'MasyaAllah..pinter banget tuh orang' atau ' subhanalloh..cerdas sekali..'.
so..hampir sama dalam makna, tapi dalam penggunaannya,,,,biasanya 'Subhanalloh' digunakan untuk mengungkapkan kekaguman atas ciptaan Allah, seperti alam etc. uff...Pantesan, awal-awal kenal , Aku dibikin terkaget-kaget oleh mereka yang berbahasa arab, kalau ada teman yang pakai pakaian bagus mereka bilang, 'MasyaAllah..nice dress'...dan banyak MasyaAllah yang lainnya.

Aku coba untuk mengetahui pendapat-pendapat teman-teman yang ada dan berasal dari Indonesia, ternyata memang benar, sebagian besar mengatakan, mengucapkan 'MasyaAllah, kalau kaget, ada kejadian yang tak terduga, kejadian jelek dll...pokonya mah untuk 'bad thing'

Ternyata, betul , bahwa penggunaan kata 'MasyaAllah' di negeri kurang tepat alias salah kaprah.
semoga dengan berbagi info ini, yang terlupa jadi teringatkan, yang tidak tahu jadi tahu, dan marilah sama-sama kita mengubah kebiasaan yang salah kaprah ini. Dengan sosialisasi dari masing-masing kita, InsyaAllah tidak akan ada lagi 'salah kaprah' dalam mengucapkan 'MasyaAllah' ini.

Wallohu'alam

Uniek38

1 komentar:

  1. Assalamualaykum,

    Mbak, TErimakasih atas blognya yang sangat informatif :)

    Perkenalkan nama saya Tara. InsyaAllah saya akan mengambil S2 di Newcastle University dengan beasiswa pemerintah Indonesia. Insya Allah saya akan membawa anak saya (2 tahun). Saya ingin bertanya banyak kepana mbak mengenai tips membawa keluarga di ncl. Termasuk mencari akomodasi yang murah ... Mohon bantuannya ya mbak. Email saya di tarapuri@yahoo.co.uk

    BalasHapus