Label

Sabtu, April 24, 2010

3....6...5....

Croydon Road, 11 Apr 2010

Setelah sekian hari menunda untuk buat note dengan harapan Aku bisa buat blog yang keren dan nanti tinggal di link-kan...tapi.....ternyata tak semudah yang Kubayangkan.............Akhirnya............kembali ke prinsip.........lakukanlah apa yang bisa kamu lakukan hari ini , Kalau tunggu blog.......kapan mau selesainya nih proyek ^ _ ^.

Hari ini sudah hampir 2,5 bulan Aku dan anak-anak berada di negeri tetangga yang jauh nian dari kampungku, jauh dari teman-teman, jauh dari orang tua, jauh dari tante , om , ponakan, nenek, pokoknya jauh deh dari semuanya.
selama 2,5 bulan ini berbagai macam rasa sudah kurasakan, mulai dari rasa Suka cita, Dukacita, walaupun banyak duka nya sih ( hihiihihihiii...maklum, masih adaptasi). Kesel , Marah, BT, excited, terbengong-bengong karena kagum ampe bengong-bengong karena jijay heeehehehheheee...

Dalam waktu yang sangat singkat, Aku sudah merasakan 3 tempat kursus bahasa yang berbeda, sudah dapat 2 sertifikat ( 1 belum di serahkan).
Dalam 2,5 bulan ini pun Kami sudah tak punya uang dan berutang sama temen ( ihhhh.......uniek,,,utang kok di omongin). Ternyata utang piutang biasa ajah lagi di sini (bagi kami) dan hebatnya di sini sepertinya berutang juga ga susah - susah amat (mudah2an). Mungkin karena sesama di rantau dan semua pernah merasakan kekurangan ( mungkin), atau bisa juga karena yang berutang PD bisa bayar begitu beasiswa keluar.
Yah itulah faktanya,,,begitu beasiswa telat Kita tak ada cadangan dan kocar kacir deh cari utangan untuk nalangin hidup sampai beasiswa datang. Tapi ga usah kwatir...sekarang utang kami dah lunas kok ^ _ ^.

Dalam waktu 2,5 bulan , Aku merasa kemampuan bahasa Ku tidak banyak meningkat.Beda sekali dengan kemampuan bahasa Nada dan Syauqi. Dalam waktu sesingkat itu kemampuan bahasa mereka jauh sekali perbedaaannya. Di rumah sekarang Mereka kalau ngobrol sudah banyak menggunakan bahasa English, kecuali kalau lagi berantem. meminta sesuatu atau ,menjawab pertanyaan kami juga dalam bahasa english..pokoknya berbicara yang pendek-pendek atau 1 kalimat Mereka sudah menggunakan english dan parahnya english di sini beda dengan english Amerika ( Indonesia pakai english Amerika)..jadi Kami banyak ga ngertinya.
Suamiku aja yang sudah 6 bulan di sini sudah kalah englishnya dengan anak-anak ( dlm lisan). Nada dan Syauqi berbicara tanpa perlu pikir-pikir , sudah mengalir bak air beda dengan Kami yang kalau bicara mesti mikir dulu apa ya artinya hehehheheheee..

Selama ini Di rumah , Aku selalu berusaha untuk tetap bicara Indonesia bahkan Minang kadang-kadang dengan suami dan anak-anak. Tapi sampai berapa lama ya ini bisa bertahan, karena sekarang kalau mereka tanya pakai english dan kita jawab Indonesia , mereka bilang,,,,pakai bahasa english dong jawabnya...atau Kita tanya pakai bahasa Indonesia ehh,,...malah di jawab pakai bahasa english....

Dua hari yang lalu, Kami pinjem CD lagu dari pustaka dan sebentar aja mereka udah hafal lagunya dan mengerti apa maksud lagu itu, sementara Aku..'umminya' mesti denger dengan teliti dan tidak mengerti perkata-katanya..
Memang terbuktilah, bahwa anak-anak itu lebih cepat meniru, mengikuti,dan belajar hal yang baru serta lebih mudah beradaptasi.
Semoga ini bisa jadi motivasi bagi kami supaya lebih bisa dan lebih semangat dalam mengenali semua hal di negara ini ( karena Nada - Syauqi banyak bertanya dan kami tidak tahu jawabannya). Semoga juga mereka dengan kejernihan akal dan budi nya bisa melihat mana yang benar dan tidak dalam pandangan islam serta mampu menerapkannya sampai kapanpun,.
Amin..

3...6.....5....^ _ ^


uniek7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar