Label

Selasa, April 27, 2010

Croydon Road, 27 April 2010

Uff....pagi ini kenapa semua jadi salah di mata Ku, perasaan kesel....jengkel.....BT...yang sejak kemarin kurasakan, masih saja setia menemani hingga pagi ini. Hal yang selalu kurasakan setiap mau kedatangan 'tamu' istimewa' setiap bulannya :-(
Perasaaan ini semakin bertambah ketika ada pula masalah lain yang datang. Hmm...sebenarnya bukan masalah yang datang, tapi jika suasana hati sedang tidak tenang, maka yang tidak masalahpun akan menjadi masalah bagi kita, hal kecil jadi hal besar di mata kita. Betul ga teman-teman?.

Untung deh, ada proyek 3 6 5 yang bisa kumanfaatkan tuk mengeluarkan dan mengekplorasi asa-asa yang ada itu hehehehehhehhee....
Pagi ini Uni Nada dan Adek Syauqi tidak mau berangkat ke sekolah, dan sebagai iqobnya Aku bilang kalau Aku tidak mau bicara dengan mereka (kcli emergensi :-)) seharian ini.
hmm..berat memang, tapi aku musti konsekuen dan abinya juga sudah Aku kode untuk seiya sejalan dengn Ku.
Ihhh...Kejam sekali Ummi Nada ini !, mungkin sebagian teman-teman berpikir seperti itu, dont worry, aku juga berpikir seperti itu setelah mengucapkanya, but its must do it! karena sudah terucapkan.kankita musti konsisten supaya mereka tahu kita tidak suka/marah sama mereka.
So..supaya teman-teman tidak menduga/bingung, mari kita telusuri kok sampai terjadi aksi diam sehari ini.

Pagi hari jam 8 pagi, Aku kesiangan bangun karena sakit dan rasa tidak nyaman pada perutku yang sudah kurasakan sejak kemarin (biasaaa...tamu agung 'datang'). sehingga Aku tidur larut malam kemarin. Tergesa-gesa Aku bangunkan anak-anak supaya mereka bisa bergegas mempersiapkan diri untuk ke sekolah.
Sementara Aku bergegas pula ke dapur untuk menyiapkan sarapan mereka dan bekal yang akan di bawa nanti. Nada & Syauqi masuk sekolah jam 8.55am.

Aku : Uni Nada, Dekki ...ayukk bangun Nak! cepetan ke kamar mandi, pipis, cuci muka, gosok gigi, berwudhu dan sholat . Ummi kesiangan nih bangunnya.
Yuk liat jamnya tuh..udah jam 8 lho...cepetan ya !.
Umi ga bisa bantu soalnya mau nyiapin sarapan.

Nada&Syauqi : terbangun dan uni Nada juga langsung ke kamar mandi tuk ritual pagi nya.
sementara adek syauqi sudah terbangun tapi belum beranjak ke kamar mandi..yah..kebiasaannnya emang dia ke kamar mandi kalau uni Nada udah selesai, kalau mereka b2 di kamar mandi bakalan ribut deh..so bergantian deh.

8. 15am
Nada& Syauqi , sarapan sereal yang Kubuat sementara Aku masih memasak bekal mereka tuk ke sekolah.

8.30 am
Sarapan belum juga selesai sementara baju sekolah belum juga di pakai...

Aku : Uni Nada, Adek Syauqi...ayo....cepetan makannya, liat udah jam 8.30 sekarang, belum pakai baju sekolah lagi kan?.
Mereka tetap aja dengan aktivitasnya yang lambat dan seperti tidak terpengaruh oleh jam yang sedang menertawakan mereka.

Aku : menarik nafas panjang , keseell.....tapi tidak mau 'ngomel' karena sedang tidak mood (lho..ngomel kok pakai mood ya?). juga tidak mau marah dan banyak bicara karena kalau sedang sensitif begini, emosi tidak stabil..so...lebih baik sedikit bicara dan banyak diaaaammmmmm (yeah..sama tuh maksudnya!).

Aku : Uni Nada,...Dekki...itu sudah terlambat! .Ayo cepetan ambil baju sekolah. pakai, ntar udah siap ummi bikin sarapan, maka ntar di bantuin pakai bajunya.
kalau mau sekolah, ayo ......buruan...tapi kalau ga mau ke sekolah yah terserah....
ummi dah bilangin, dan ummi ga mau banyak omong lagi.

Nada & Syauqi : pura-pura tidak mendengar dan akhirnya mereka malah mainan mobil2an..
ya sudah kubiarkan dan kudiamkan mereka.
Sepertimya Nada enggan ke sekolah hari ini karena ada PE (masalah PE ini belum juga tuntas sampai sekarang). dan Syauqi dari dulu emang susah sekali tuk bergerak cepat. seakan-akan setiap pagi dia selalu menguji sabar kami dengan berlambat-lambat dan akhirnya kami pun mengalah dengan membantunya pakai baju dan sepatu. Tapi pagi ini, Aku sudah berjanji tidak akan membantunya dan berusaha dengan susah payaah untuk memang tidak membantunya. Supaya dia tahu akibat dari berlalai dan orang tuanya serius dengan 'ancamannya'.

Oh ya..sedikit menjelaskan.. Syauqi ini memang beberapa bulan sebelum berangkat ke Ncl ini tinggal dengan nenek& kakeknya. Dia kesayangan kakek nenek dan selalu apa yang di minta dia dapatkan dan kalau mau ke sekolah di Ina, mandi/ baju /nyuapin sarapan dll, itu ada 'Mbak' yang selalu siap membantunya.Makanya dia sekarang terkesan seenaknya sendiri dan susah untuk disiplin.
Makanya Aku bersikap tegas kali ini, membiarkan mereka main, tidak pergi sekolah. dan tidak bicara dengan sehari ini. Di Ina pun kalau mereka tidak mau ke sekolah, biasanya ,memang Aku biarkan, tentunya setelah tahu alasan kenapa mereka tidak mau berangkat. Aku ingin anak-anak pergi sekolah itu senang, jadi sekolah itu bukan 'monster' bagi mereka tapi sekolah itu 'have fun'.

Mudah2an cara ini bisa efektif. minimal mereka b2 merasa kalau tidak ke sekolah itu tidak enak, di rumah seharian tanpa ada yang peduli . sudah berbagai macam trik kucoba...semoga yg ini 'mempan' ya.. Ternyata menjadi orang tua itu harus selalu berpikir dan berinovasi..,kiat apa lagi yg musti kita terapkan pada anak. dari hari ke hari ada saja masalahnya dan trik nya yg kemarin belum tentu bisa diterapkan pada setiap kejadian.

1 jam pertama, mereka asyik bermain berdua...waahhhh...seneng sekali mereka tidak sekolah. bermain dan bermain.
lewat 1 jam mereka sudah mulai bertengkar, dan bosan. Mereka mau menghidupkan komputer, tapi aku matikan tanpa bicara ( yah..keenakan lah mereka bisa main game, ntar jadi ga mau ke sekolah lagi).
Mereka bertengkar dan bertangis-tangisan selama 30 menit..Aku cuma diamkan dan awasi saja. selama tidak membahayakan..biarin aja..manajemen tega beraksi :-).
setelah itu mereka mulai BT dan bosan karena semua mainan sudah di cobanya. dan komputer tidak boleh hidup.

Yup...sekarang baru jam 11.30 am.
Mereka sudah damai dan main berdua lagi tapi sudah keliatan borring tuh ..
hehhehehe...yukkk..kita lihat ampe sore..siapa yang menang.....teori umminya atau mereka.
Mudah2an Umminya yang bener...mereka ga betah dan bosan di rumah seharian, sehingga mereka berpikir lebih enak di sekolah. dan esok paginya mereka, terutama syauqi bisa lebih mendisiplin diri nya karena kalau besok telat lagi maka dia akan di tinggal.

Teman-teman... jangan khawatir..
makan siang dan lain-lain sudah kusiapkan semua di meja dan kalau mereka butuh bantuan di kamar mandi (Ex; BAB) atau yang memang mereka belum bisa lakukan sendiri, tentu Aku bantu tapi memang tanpa dialog..

Itu dulu yah, cerita hari ini.
Mau dong share nya dari teman-teman yang lain, yang punya pengalaman dan trik-trik yang ok punya dengan anak-anaknya atau ponakan atau murid2nya..
Ku tunggu yah...

Selamat beraktivitas yah..

3...6....5 ^ _ ^


Uniek15

Tidak ada komentar:

Posting Komentar