Label

Sabtu, April 24, 2010

Marah- marah...

Croydon Road ,8 apr 2010

Assalamualaikum wr wb,
Apa kabar nih para ibu dan calon ibu di pagi ini...semoga semuanya sedang tersenyum gembira dan semua agenda nya hari ini terlaksana dengan baik ya.. ( di sini masih jam 7.40 am )

Setiap bangun di pagi hari, sekarang Aku punya aktivitas baru, ya ini nih... bikin note dalam memenuhi janji pada diri sendiri dan teman-teman yang sudah terucap..ya ...benar..'proyek 365'
Sesuatu yang berat tapi setelah di lakoni hampir 1 minggu, kok kayaknya ada yang hilang kalau ga bikin note..rasanya gimana gituuuu.....wah..! gaswat nih....kayaknya udah mulai ketagihan nih hihihiihihihiii...
Suami ampe komplain...yahhh.... si Ummi.....pasti lagi bikin note lagi nih!...Aku sih cuma mesem-mesem aja sambil tanya,: Abi keberatan ya, kalau Ummi bikin Note atau ada isi note yang Abi kurang berkenan? bilang aja , ga apa2 kok, biar jadi masukan tuk diri Ummi !.

Abi : ga sih, note nya bagus-bagus , asal kan jangan ada isinya yang ngejelekin Abi di situ..
Huahahahahahaaa.....udah ada warning nih dari ' my man ' tuk jangan bikin note tentang dia.

Aku : ya enggalah Bi, maksudnya sekarang ya engga, tapi kalau besok ada cerita yang berhubungan atau berkenan di hati tentang Abi, atau Abi 'macam-macam' ama Ummi, ntar Ummi bikin tuh note tentang Abi biar semua dunia tahu. wkwkwkwkwkwkkkkk...

Abi : (melotot dan merengut) awas ya....!!!

Ya begitulah kehidupan kami sekeluarga di sini, 'heboh'. Terutama Aku sama 'my man'. Aduuhhhh....jail...dan suka banget godain dia...secara gitu lho..jadi orang kok serius amat...hihihiihihiii...bagi teman-teman yang udah kenal dekat dengan diri Ku pasti kebayang deh gimana jailnya Aku ^ _ ^.

Pagi ini , Aku mau berbagi cerita tentang seputar 'parenting' lagi. Memang anak-anak lah sumber inspirasi yang tidak pernah ada habisnya dan sekalian mungkin meluruskan apa-apa yang sudah kubuat 2 hari yang lalu ( in the kitchen). Takut nanti kalau tidak diluruskan akan menambah dosa yang tidak terputus pada diriku.

Kemarin Aku mendengarkan rekaman tentang parenting dari abah Ihsan ( itu lho trainer dan pendiri PSPA di BAndung * kalau ga salah*.) dan sepertinya sudah ada teman-teman yang pernah ikut ikut training itu, mohon bantuannya untuk meluruskan jika ada yang salah dari note Ku ini ya.
Menurut Abah Ihsan selanjutnya kita sebut dengan 'beliau', JANGAN pernah MELARANG anak BERANTEM, dengan alasan di bawah ini :

1. Tidak ada satupun anak yang bebas dari berantem.
Iya ya, kita aja yang udah tua masih suka berantem tuh, iri hati , cemburu dan cs nya deh..
nah apalagi anak-anak.

2. Berantem itu kebutuhan
lho???? ya iyalah..coba ibu-ibu or calon ibu/bapak punya anak yang tidak pernah berantem , selalu tenang , damai , kalem apa ga aneh tuh? justru bisa jadi itu penyakit/kelainan yang di derita anak. Berantem di butuhkan anak-anak tuk mengeksplorasi dan melepaskan ekspresinya...tul nga teman-teman?

3. Berantem bisa menghasilkan solusi
Nahh....yang ini apalagi nih maksudnya? jadi begini, jika anak-anak kita berantem mengenai sesuatu atau memperebutkan sesuatu, biarkan saja , jangan di lerai, biarkan mereka menyelesaikan masalahnya sendiri dan kita hanya jadi penonton/moderator....kecuali....mereka sudah ada kekerasan fisik seperti memukul dll..nah di situ perlu kita bertindak.
cth, mereka berebut kue yang tinggal sepotong , maka kita biarkan mereka berpikir bagaimana caranya atau kita sebagai moderator memfasilitasi dengan mengatakan, nah ini kue cuma ada satu, gimana nih caranya supaya kakak dan adik dapat semua? so..mereka akan berpikir dan menghasilkan solusi.

4.Menambah Masalah
Maksudnya begini, jika kita melarang anak kita berantem maka itu akan menambah masalah dan rasa ke tidakadilan pada salah satu pihak terutama si kakak. maksudnya gimana nih, bingung????
Sebagian besar dari ortu ( mudah2an teman-teman yang baca ini tidak) jika melihat anaknya berantem dan si kakak memukul adiknya, maka langsung marahin si kakak, " kakak ini gimana sih, kok adiknya di pukul? ngalah dikit dong ama adik?!. si kakak menjawab ," abis , adik duluan yang rebut mainannya ?"...eh orang tua bukannya minta maaf udah nyalahin tanpa bertanya dulu malah bilang, : yah,kakak ngalah dong ama adik,,jangan dzolim gitu...emangnya kakak ga sayang ama adik,,,adik itu masih kecil,,belum ngerti apa-apa"...hmmm...si kakak jadi tambah sedih deh dan kita sudah menanamkan rasa ketidakadilan pada dirinya...karena dia kan berpikir .,lho adiknya yang rebut mainan dia kok malah dia yang di marahin? dan ini akan tertanam dan membentuk karakter/kepribadiannya kelak,padahal tuh si kakak juga umurnya masih balita belum remaja...dan si adik juga merasa ga enak jadi adik, karena begitu ortunya pergi maka dia akan di kerjain abis-abisan ama si kakak...juga kita menanamkan rasa tergantung dan egois ama adik karena dia merasa selau di bela oleh ortunya.
hayoooo....sampai di sini....ada yang merasa atau pernah melakukan kekeliruan di atas ga? terkadang tanpa sadar Kita melakukannya dan tidak berpikir efeknya di kemudian hari pada prilaku anak-anak.

Selama ini, Kami termasuk yang membiarkan saja Nada dan Syauqi kalau lagi berantem, cuma kadang-kadang itu terlihat aneh di mata orang-orang ( keluarga besar, tetangga).kalau salah satu dari mereka jatuh, kami biarkan mereka bangun sendiri dan liat ada luka atau ga? kalau tidak ada ya sudah, paling kita bilang, lain kali hati-hati ya,kalau jatuh yang sakit kan syauqi/nada sendiri.
Kita tidak pernah memarahi,,tuh kan udah di bilang hati-hati..jangan lari-lari atau yang lebih parah....aduhhh...nakal ya batunya/jalanyya sehingga adik jatuh...
jangan pernah mengalihkan kesalahan pada yang lain, jika mereka jatuh karena ulahnya sendiri maka biar mereka tahu bahwa itu kesalahannya dan mereka harus menanggung akibatnya.
atau kalau mereka(anak-anak) lagi berantem, biasanya Aku cuekin ajah dan lari ke kamar atau ke dapur,,sampai nanti salah satu menangis/ lapor....kalau dia di pukul atau di dorong oleh adik/kakaknya.
Aku ga langsung terima laporan atau buru-buru menghibur yang nangis dan menyalahkan yang satunya lagi. tapi tetep tanya kenapa nangis? apa sebab awalnya? dan biasanya tangis nya berhenti sendiri karena mereka kan ga bisa bikin laporan dengan jelas kalau masih nagis dan laporannya biasanya panjang karena aku tanya,,trus...kenapa.....siapa yang duluan...kok bisa gitu....dll....jadi mereka terpaksa menerangkan dari awal dan itu cukup efektif untuk menghentikan tangisnya dan biasanya anak-anak itu kan berantem karena hal sepele dan kalau kita denger dari awal ada kesalahan dari kedua belah pihak..so,,,hasilnya nanti mereka berduapun akan tahu mereka salah dan keduanya dapat nasihat dari ummi nya...so....adil kan...
Makanya mereka kalau berantem atau nangis jarang ngadu ama Umminya kecuali yang sudah sakit fisiknya apalgi kalau jatuh sendiri mereka ga akan nangis tapi langsung bangun sendiri dan bilang kalau ada anggota tubuhnya nyang sakit/luka..ya kita tinggal kasih obat.

Alhamdulilah, dengan janji yang mereka ucapkan 2 hr yang lalu, masih efektif tuk 2 hari ini..kemarin mereka masih damai-damai saja. tentu saja ada berantem, biaslaah..tapi frekuensi udah berkurang dan umminya tidak perlu keluar suara 'bidadara'..karena cuman di ingatkan sekalikan?
Kemarin Abinya membelikan mereka komputer supaya mereka tidak merebut laptop kerja Abinya lagi. tapi sebelumnya kita sudah bikin perjanjian dengan mereka, apa yang mereka mau dan kalau tidak ditepati seperti saling berebut dan tidak bergantian makai komputer apa iqobnya? mereka bilang tidak di bolehkan main komputer sehari itu...
itu di sepakati oleh mereka berdua tanpa ada campur tangan kami selaku orang tua .

O iya, tuk masalah iqob/hukuman, ada beda pendapat nih dengan bapak Ihsan..
tapi kayaknya besok ajah ya,,
'my man' udah pulang nih dan mau di buatkan sarapan dan lunch tuk di bawa ke kampus ..
udah dulu ya teman-teman, boleh setuju boleh tidak. yang baik di ambil dan yang jelek tolong di kasih tahu dan kita perbaiki bersama ^ _ ^

wallohu alam
selamat beraktifitas
3 6 5 :-)

uniek5-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar