Label

Senin, April 26, 2010

Croydon Road, 26 April 2010

Kring...kring....kring.......bunyi suara telpon mengangetkan Ku yang sedang memasak di dapur. Bergegas Aku berjalan menuju ke ruang tamu untuk mengangkatnya.

Aku : Halo..!

X : Assalamuaalaikum wr wb !

Aku : Waalaikumussalam wr wb, o ..Mba X...iya, ada apa mba?

X : Ada berita ga enak nih Mba?

Aku : Ada apa?

X : Barusan Y dari rumah Mba ya?

Aku : Iya, barusan pulang !

X : Iya, ini rumahnya H kemalingan ! ( Y ini satu rumah dengan H )

Aku : Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, masyaAllah.....kapan? orang Y nya juga baru pulang kok?

X : Iya, pas Y pulang ke rumah nya itu dia lihat laptop hilang , mereka (maling) ambil laptop semua (3buah)

Aku : lho? emangnya H ga di rumah? rumahnya ga di kunci? (masih tak percaya diriku, soalnya Y itu baru aja dari rumah dan lagian ini england bo...LN gitu lho , masa 'maling'nya di rumah anak kos pelajar..trus kok ga ada maling juga? padahal mah yg namanya 'maling' kan emang ada di mana* ya).

X : Kebetulan H juga lagi keluar. rumah di kunci kok.

Aku : oo..iyalah, makasih infonya Mba.

Itu berita di sore hari minggu, berita itu merusak suasana minggu yang sejak pagi hari cuaca cerah dan suhu juga hangat. Kami semua juga baru pulang dari forum silaturahim muslimah di Newcastle .
Berita ini bak petir di siang bolong bagiku, karena Y baru aja pulang dari rumah Ku dan dia pun t ak terlalu lama berada di rumah..kemudian jarak rumah kita juga tidak begitu jauh (karena pakai bus) jadi sebentar juga sampai di rumahnya.

Kemudian yang terbayang juga adalah, bukan karena laptopnya tapi semua data yang tersimpan di laptop ,,hasil penelitian, jerih payah studi selama ini dll. Aku juga tahu belakangan ternyata paspor juga ada dalam tas yg diambil oleh 'maling' itu.
Setelah 1 jam dari kejadian ,petugas belum juga datang ke TKP, ternyata dari cerita temanku juga , petugas di sini punya standar (kategori kriminal) sehingga menentukan cepat /lambat nya mereka datang ke t4 kejadian. (kayak SOP kali ya di Ina). hmm...jauh banget ya dari film-film yang ku tonton, di mana kalau ada kejadian****, maka 'petugas' cepat datang. Malah sempat terlontar dari mulut kami yang hadir ke TKP ,,,wahhh,,,,ini mah masih cepetan pol*** 'kita' yang datang daripada 'disini'.

Satu hal lagi yang membuat ku merenung, kejadian ini hanya jarak beberapa jam dari kami berdiskusi tentang sifat -sifat manusia baik potensi maupun kelemahannya. di mana manusia itu bersifat bodoh(jahil), berkeluh kesah, sombong, dan banyak yang lain tapi manusia juga di berikan potensi akal,hati dan fisik untuk mengatasi kelemahannnya itu. tinggal mana yang bisa lebih dominan ,itu semua tergantung kepada kedekatan dan cara kita berprasangka kepada Allah. Jadi apapun yang terjadi atas diri kita baik itu senang, susah semua terjadi atas izin Allah, tapi bagaimana kita menyikapinya itu yg tergantung pada tingkat keimanan /kedekatan pada Nya atau dengan kata lain 'husnudzhon' atas apapun yg menimpa diri kita. tidak banyak berkeluh kesah dan berandai-andai..
andai tadi...andai ga usah.......coba kalau saya udah.....dan masih banyak lagi kata yg bermakna serupa yang meng indikasikan kita masih belum ridho atas apa yang menimpa diri kita.

Untuk saudariku yang di cintai Allah...
Aku doakan dirimu dan keluarga yang sedang di timpa musibah, ikhlas menerimanya, tidak berandai-andai, dan mampu untuk berhusnuzhon pada Allah, bahkan mampu bersyukur dan melihat apa hikmah/ bermuhasabah/ intropeksi kenapa semua ini terjadi.

Sesungguhnya Allah sayang pada kalian semua. sehingga apa yang dibicarakan sekian jam yang lalu dalam forum diskusi kita , muhasabah penutup yang kita lakukan bersama. Allah berikan kesempatan untuk mengaplikasikan ilmu yg baru kita dapatkan tadi.
Semoga saudari Ku ini mampu mengalahkan kelemahan diri dengan potensi yang sudah diberikan Allah untuk kita makhluknya ini.
Aku hanya bisa berdoa untuk kalian semua, semoga Allah meningkatkan dan meluluskan kalian semua dalam ujiannya ini. Amin

Seandainya kita yang mengaku orang dewasa bisa bersikap seperti Hia (anak berumur 4tahun) yang ketika diberitahu laptopnya hilang, dia malah menjawab. " ga apa-apa, nanti belikan lagi laptop yang pink ya ,Bunda"!..
Subhanaallloh..sesungguhnya itulah makna sebenarnya,
karena semua yg ada di bumi ini termasuk harta bahkan nyawa kita adalah kepunyaan Allah dan terserah Allah mau mengambilnya kapan dan bagaimana caranya. Dan Yakinlah jika kita ikhlas maka Allah akan menggantinya dengan yang jauh lebih baik.
Untuk Hia anakku (tenang sayang,,InsyaAllah nanti laptopnya akan di ganti dengan yg baru dan warna pink, iyakan bunda?).

Untuk saudariku. Kukutipkan kembali firman Allah dalam Al-Quran yang selama ini kita sudah dengar dan baca serta tahu..semoga ini akan semakin menguatkanmu dan lebih terasa menyentuh relung hatimu.

" Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah*an. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang * yang bersabar".
QS Al-BAqorah :155

" Yaitu orang * yang apabila di timpa musibah, mereka berkata innalillahi wa inna ilaihi raji'un (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada Nya lah kami kembali".
QS Al-Baqarah :156

" Mereka itulah yang memperoleh ampunan dan rahmat dari Tuhannya, dan mereka itulah orang * yang mendapat petunjuk"
QS Al- Baqarah :157


Wallohu'alam

3..6.....5.....^ _ ^


Uniek14


Teruntuk sahabat,teman dan adikku..
Hesti dan keluarga serta adikku Yayuk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar